Festival Sepakbola Rakyat perdana telah tuntas digelar di Stadion Ora Flobamora, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 13-14 Desember 2025. Evan Dimas Darmono berharap muncul titisan Yabes Roni dan Marselino Ferdinan.
Event ini digagas Garuda Gemah Nusantara bersama Coca Cola. Ada 150 anak yang mengikuti coaching clinic bersama pemain sepakbola nasional, Evan Dimas Darmono, serta empat tim yang melibatkan total 100 pemain dalam mini turnamen yang dikemas dengan format setengah round robin.
Empat tim yang menjadi peserta turnamen adalah Bintang Mabar, SSB Kaka Botek, SMAK Loyola, dan SMAN 1 Komodo. Hasilnya, SSB Kaka Botek berhasil menjadi juara setelah dalam tiga pertandingan yang dijalani mampu menyapu bersih dengan kemenangan.
Peringkat kedua ditempati SMAN 1 Komodo yang menuai enam poin. Tempat ketiga diraih SMAK Loyola dengan nilai tiga.
“Saya berharap dari sini bisa lahir para pemain yang tidak hanya bagus secara kualitas, tapi juga kuat secara mental dan karakter serta memiliki jiwa ksatria. Semoga bisa muncul lagi lebih banyak penerus Yabes Roni Malaifani, Marselino Ferdinan di level sepakbola nasional maupun Timnas Indonesia yang juga berasal dari NTT,” kata Evan Dimas dalam keterangan persnya.
Yabes Roni Malaifani adalah rekan satu angkatan Evan Dimas di Timnas Indonesia U-19. Yabes Roni, yang berasal dari Alor, masih memperkuat klub Bali United. Marselino Ferdinan, yang kamung orang tuanya berasal dari Ngada,saat ini menjadi salah satu pemain muda langganan Timnas Indonesia dan sedang memperkuat klub Slovakia, AS Trencin.
Dyota Pratyaksa selaku Project Lead Cuwitan Digital mengatakan event ini bakal dilanjutkan lagi di tiga kota lainnya hingga tahun depan. Ketiga kota selanjutnya yang bakal menggelar Festival Sepakbola Rakyat adalah Palu, Jakarta, dan Makassar.
“Kami dari Cuwitan Digital sangat senang dengan antusiasme yang tinggi di sini. Apalagi kami memiliki prioritas untuk memberikan informasi kepada khalayak luas mengenai perkembangan olahraga usia muda. Semoga dengan adanya rangkaian acara ini dan podcast seputar sepak bola yang ditujukan khususnya untuk para Gen-Z yang akan tayang di kanal YouTube Cuwitan62 dapat menambah wawasan pada khalayak luas tentang perkembangan sepak bola usia muda di Indonesia”
kata pria yang akrab disapa Yota itu.
Andreas P. Adianto selaku Public Affairs, Communications, and Sustainability (PACS) Senior Manager, Coca-Cola Indonesia, menuturkan pihaknya mendukung penuh event ini karena selalu melihat sepak bola sebagai olahraga yang mampu menyatukan berbagai kelompok masyarakat dalam semangat dan emosi yang sama. Terlebih, saat ini Coca Cola juga menjadi sponsor resmi untuk Piala Dunia FIFA 2026.
“Kami senang sekali bisa mendukung acara Festival Sepak Bola Rakyat bersama dengan Cuwitan Digital, karena ini momentum dan platform yang sangat bagus untuk kita bisa menjaring bibit-bibit sepak bola yang unggul di daerah-daerah yang mungkin selama ini masih kurang terjangkau baik secara exposure maupun mungkin secara kesempatan untuk kemudian mengembangkan karier di bidang sepak bola,” ujar Andreas.
